RS Stella Maris Makassar

Social Media --> Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar

“Melayani Dalam Semangat Kasih”

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

Social Media --> Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar

“Melayani Dalam Semangat Kasih”

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

Mari Lawan Covid -19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru RS Stella Maris

Social Media :

Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar
"Melayani Dalam Semangat Kasih"

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

Mari Lawan Covid -19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru RS Stella Maris

Mari Lawan Covid -19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru RS Stella Maris

Pernahkah mendengar istilah “Adaptasi Kebiasaan Baru”atau AKB ? Adaptasi Kebiasaan Baru adalah cara kita merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasaan serta jalan keluar dari pandemi Covid-19 selama vaksin dan obat untuk Covid-19 belum ditemukan.  Hidup harus terus berlangsung, jangan kalah dengan Covid – 19,saatnya kita mulai hidup dengan kesadaran baru, beradaptasi dengan kebiasaan baru. Keberhasilan Indonesia keluar dari pandemi sesungguhnya juga tergantung keterlibatan kita. Mari kita praktekkan kebiasaan baru mulai dari sekarang, dari diri sendiri. Masyarakat Indonesia di himbau untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru agar dapat hidup produktif dan tetap terhindar dari penularan virus Corona. Pada era ini, masyarakat bisa beraktivitas kembali secara produktif, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun Anda berada, seperti berikut :

1. Bawalah Selalu Hand Sainitizer

Bagi masyarakat sangat dianjurkan untuk selalu membawa “hand sainitizer” dan gunakan hand sainitizer dengan langkah cuci tangan yang benar sesuai dengan langkah dari WHO.

2. Sesering Mungkin Cuci Tangan Pakai Sabun

Sesering mungkin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik di bawah air mengalir.

3. Jika Anda Kurang Sehat, di Rumah Saja

Apakah kita sedang sakit, kurang fit, demam atau flu, maka beristirahatlah di rumah saja dan jaga pola makan anda, jika kondisi memburuk, segera pergi ke Fasilitas Kesehatan.

4. Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh dapat di mulai dari, konsumsi pangan aman dan bergizi, minum air putih 8 gelas per hari, olahraga rutin 30 menit per hari, tidur cukup 7-9 jam per hari, konsumsi suplemen bila perlu, cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir selama 20 detik.

5. Gunakan Selalu Masker

Bisa jadi, Anda menulari atau tertular, jadi pastikan selalu memakai masker dengan benar yaitu menutup hidung dan dagu, jangan turunkan masker ke dagu.

6. Gunakan Face Shield Dengan Bijak

Face Shield berfungsi untuk melindungi area mata dan hidung dari cipratan langsung, virus corona tetap dapat masuk dan keluar dari mulut dan hidung Anda, jika Anda tidak menggunakan masker. Jadi saat menggunakan Face Shield tetap gunakan masker.

7. Selalu Jaga Jarak

Jaga jarak Anda satu dengan yang lain, untuk saat ini berjabat tangan, dan berpelukan jangan dilakukan (untuk menjaga diri Anda dan orang lain), minimal jarak 1 meter dengan orang lain, di mulai sekarang ubalah salam dengan posisi namaste (dari jauh).

8. Selalu Jaga Jarak ( Di Tempat Umum) 

Selalu jaga jarak Anda saat berada di ruang tunggu, kendaraan umum, di pasar atau pusat keramaian.

9. Sedapat Mungkin Gunakan Uang Elektronik

Saat ini telah banyak aplikasi uang elektronik, gunakan uang elektronik dan transaksi dengan kartu ATM jika memungkinkan. Jika tangan Anda harus memegang uang, pastikan untuk selalu mencuci tangan.

10. Selalu Langsung Mandi Saat Tiba Di Rumah

Jagalah diri dan keluarga Anda saat pulang ke rumah. Saat tiba, pastikan Anda langsung menuju ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Bersihkan pula peralatan yang Anda bawa atau gunakan (tas,aksesoris,jam tangan, kacamata, dll). Ingat sebelum Anda mandi, jangan bersentuhan dengan keluarga atau orang lain di rumah, jangan berbaring atau duduk di dalam rumah, cucilah langsung pakaian yang digunakan.

11. Selalu Jaga Sirkulasi Udara

Kami menghimbau masyarakat agar tidak berlama – lama diam di ruangan terturup, agar terhindar dari penularan Covid-19, kemudian sirkulasi udara di rumah pun harus baik. Penularan Covid-19 melalui udara bisa terjadi di ruangan yang sirkulasi udaranya tertutup. Aerosol atau partikel yang lebih kecil dari droplet bisa melayang – layang di ruangan tertutup dan dikhawatirkan terhisap oleh manusia. Kebanyakan orang senang di ruangan ber-AC karena dingin dan tertutup, tapi saat ini menjadi beresiko terinfeksi virus yang bisa menyebabkan kematian ini, bahkan potensi menjadi lebih besar karena sirkulasi udaranya tidak mengalir sehingga virus berterbangan sebagai aerosol itu. Jika ruangannya dibuka dia akan terhempas ke luar ruangan jadi risiko penularannya rendah. Pengaturan ventilasi udara yang baik, akan mencegah partikel tersebut melayang – layang. Virus maupun kuman akan terbawa ke luar ruangan oleh udara.

12.  Jangan Berkumpul

Dilarang berdekatan dan dilarang berkumpul adalah tindakan penting yang dilakukan untuk menghentikan atau setidaknya memperlambat kecepatan penyebaran virus corona (COVID-19). Dengan melakukannya, orang yang terinfeksi virus, baik yang menunjukkan gejala sakit maupun yang tampak sehat, tidak menularkan virus ke orang-orang sehat.

13. Selalu Lindungi Lansia dan Balita

Orang lanjut usia (lansia) ternyata lebih rentan terinfeksi virus corona dibanding orang dewasa maupun anak-anak.  Hal ini dikarenakan sistem imun orang lansia tidak bekerja sekuat ketika masih muda. Selain itu, tidak sedikit lansia yang memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, asma, atau kanker. Hal ini bisa meningkatkan risiko atau bahaya infeksi virus Corona. Komplikasi yang timbul akibat  Covid-19 juga akan lebih parah bila penderitanya sudah memiliki penyakit-penyakit tersebut. Bukan hanya menyebabkan gangguan pada paru-paru, infeksi virus Corona juga bisa menurunkan fungsi organ-organ tubuh lainnya sehingga kondisi penyakit kronis yang sudah dimiliki penderita akan semakin parah bahkan sampai mengakibatkan kematian. Selain lanisa, anak-anak juga rentan terserang Covid-19. Biasanya anak-anak tertular dari orang dewasa ataupun menjadi carrier yang menularkannya kepada kelompok rentan lainnya, seperti kakek dan nenek.

Mari menjadi teladan untuk menyelamatkan keluarga, tetangga, lingkungan dan menyelamatkan bangsa dan negara tercinta. Saatnya jadi pahlawan, tundukkan Covid-19 dengan adaptasi kebiasaan baru. Indonesia, kita pasti bisa.  Adaptasi kebiasaan baru, bisa berjalan secara efektif jika kita mau menaati dan konsisten dengan protokol kesehatan yang ada. Diharapkan, segala lapisan bisa memahami dan menjalankan tatanan hidup baru ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa tetap beraktivitas normal (dengan kebiasaan yang baru) dan terhindar dari penyebaran virus corona. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *