RS Stella Maris Makassar

Social Media --> Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar

“Melayani Dalam Semangat Kasih”

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

Social Media --> Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar

“Melayani Dalam Semangat Kasih”

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

QnA : Pelayanan Pasien Covid-19 RS Stella Maris

Social Media :

Instagram : @rsstellamaris | YouTube : RS Stella Maris Makassar
"Melayani Dalam Semangat Kasih"

Jalan Somba Opu No 273, Makassar - Sulawesi Selatan

CALL CENTER

0813 60 888 100 / 0411 - 871391

WHATSAPP

0813 98 888 200

QnA : Pelayanan Pasien Covid-19 RS Stella Maris

QnA : Pelayanan Pasien Covid-19 RS Stella Maris

dr. Ronny Effendy, M.Kes Ketua Tim Penanganan  Covid-19 RS Stella Maris

Ditengah merebaknya penyebaran virus Covid-19 di masyarakat, perlu diambil langkah – langkah untuk menekan penularan virus ini. Pemerintah sendiri telah menerapkan beberapa peraturan dengan meniadakan kegiatan – kegiatan yang bersifat massal sampai pelaksanaan Pembatasa Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah untuk mencegah penularan virus covid-19. Berbagai pihak diharapkan dapat bekerjasama untuk mengurangi memutuskan rantai penyebaran virus ini.

Sesuai dengan Motto “Melayani dalam Semangat Kasih” (Servire in Caritate) Rumah Sakit Stella Maris sebagai salah satu lembaga kesehatan turut berperan aktif dalam penanganan pasien yg terinfeksi virus covid-19 termasuk menyebarkan informasi menghindari penyebaran virus ini. dr Ronny Effendy, M.Kes sebagai Ketua Tim Penanganan Covid-19 di RS Stella Maris memberikan penjelasan mengenai penanganan covid-19 di RS Stella Maris :

Q : Kapan pertama kali RS Stella Maris menerima pasien Covid-19 ?

RS Stella Maris pertama kali mendapatkan ( saya tidak menggunakan istilah menerima) pasien tersangka Covid-19 itu  pada tanggal 19 Maret 2020. Sesuai dengan instruksi pemerintah saat itu maka Kami (RS Stella Maris) melakukan sisrute untuk merujuk pasien tersebut ke RS Rujukan Covid-19 yang ditunjuk di SulSel (khususnya Kota Makassar) . Sambil menunggu untuk merujuk maka dilakukan tracing kepada pasien-pasien lain yang merupakan klaster pasien tersebut dan Kami menemukan terdapat 2 pasien lain yang merupakan teman-teman dari pasien ini yang sudah menjalani perawatan bahkan 2 hari sebelum pasien ini. Jadi kalau mau dikatakan tepatnya pasien tersangka Covid-19 ini sudah dirawat di RS Stella Maris sejak 17 Maret 2020. Keesokan hari 2 dari 3 pasien tersangka Covid-19 ini bisa dirujuk ke RS Rujukan.

Q : Ada istilah RS Rujukan Covid-19 dan RS Rujukan Penyanggah; RS Stella Maris masuk kategori yang mana ?

Rumah sakit Rujukan Covid-19 adalah rumah sakit rujukan yang melayani perawatan pasien ODP/PDP/Konfirmasi Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui KeMenKes, sedangkan Rumah Sakit  Rujukan Penyanggah adalah RS yang ditunjuk oleh pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur untuk menjadi RS yang juga dapat melayani dan menerima rujukan pada saat Rumah Sakit Rujukan Utama (SK KemenKes) tidak dapat menerima pasien tersebut, yang diperkuat dengan SK Gubernur.  Stella Maris merupakan Rumah Sakit Rujukan Penyanggah sesuai dengan SK Gubernur ini.

Q : Persiapan apa saja yang telah dilakukan dari sisi ruangan perawatan ?

RS Stella Maris tetap berkomitmen dalam melayani pasien dalam kondisi Pandemi ini baik pasien ODP/PDP, terkonfirmasi Covid-19 maupun terhadap pasien RS Stella Maris lainnya yang tetap mempercayakan dirinya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan penuh kasih di rumah sakit kami. Untuk itu maka pihak manajemen RS Stella Maris menyediakan ruang isolasi khusus 1 lantai dan isolasi khusus di samping Ruang IGD sebagai ruang perawatan yang dapat digunakan untuk khusus merawat pasien ODP/PDP?Konfirmasi Covid-19 sehingga tidak bercampur dengan pasien lainnya

Q : Dari sisi regulasi dan prosedural, seperti apa dalam menanggulangi pasien covid-19 (kuratif) maupun pencegahan (preventif)?

Kami mengikuti regulasi dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KemenKes, Perhimpunan/Kolegium sehubungan dengan promotif, preventif, kuratif dan rehablitatif dalam masa Pandemi Covid-19 ini. Regulasi dan Prosedur diberlakukan sejak dari Pintu Masuk hingga Pintu Keluar, Pelayanan-pelayanan yang ada dalam RS hingga ke aturan penjaga pasien dan pengunjung serta pembesuk sesuai dengan ketetapan yang telah dikeluarkan juga oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perhimpunan baik Spesialistik maupun Organisasi Rumah Sakit.

Q : Untuk layanan rawat jalan IGD dan Poliklinik, prosedur apa yang telah ditetapkan guna mencegah penyebaran covid-19?

Untuk layanan rawat jalan IGD dan Poliklinik, Kami melakukan skrining dari mulai pasien masuk yakni pengukuran suhu dan dapat dilanjutkan dengan skrining lanjutan jika terpantau demam maupun mempunyai riwayat demam serta melakukan pencucian tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Khusus pasien yang terskrining demam maka akan diarahkan untuk dilakukan triase covid-19 di IGD sebab telah disediakan ruangan khusus untuk melakukan triase pasien ODP/PDP di ruang IGD. Demikian juga ditetapkan aturan penggunakan masker oleh pasien saat ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di RS Stella Maris termasuk di IGD dan Poliklinik. Petugas kesehatan yang melakukan pelayanan di kedua tempat tersebut juga telah menggunakan APD sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

Q : Sejumlah masyarakat juga memiliki kecemasaan untuk berobat saat ini, langkah apa yang telah dilakukan oleh pihak manajemen untuk membedakan penanganan pasien covid-19 dan non covid-19?

Seperti yang telah Kami jelaskan sebelumnya bahwa RS kami melakukan skrining untuk bisa mengetahui lebih dini mana pasien yang merupakan ODP/PDP dan mana pasien yang berobat dengan keluhan penyakit lainnya sehingga dapat ditangani di tempat terpisah yakni pelayanan pasien biasa dan triase covid-19. Sehingga dengan pelaksanan skrining yang baik ditunjang dengan “kejujuran” informasi yang diberikan oleh pasien/keluarga pasien maka kami harapkan tidak terjadi pencampuran pelayanan dalam masa Pandemi ini.

Q : Sejauh ini adakah informasi  dan data jumlah pasiensembuh dari RS Stella Maris?

Dari data penanganan pasien Konfirmasi Covid-19 yang telah mendapatkan perawatan dan sementara dirawat di RS Stella Maris sampai April 2020 adalah 23 orang, 10 orang sudah dinyatakan sembuh (2x hasil swab negatif), 3 orang dengan hasil swab negatif baru 1x, 2 orang dirujuk, 1 orang meninggal. 3 orang masih sementara dirawat. Selebihnya keadaan sudah membaik dan dipulangkan serta melakukan isolasi mandiri di rumah sambil menunggu jadwal swab kembali agar dapat dinyatakan sembuh.

Q : Himbauan dari Tim Penanggulangan Covid-19 RSSM bagi masyarakat!

Ikuti anjuran dan aturan yang telah dikeluarkan baik oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah. Himbauan tetap di rumah saja, aturan PSBB, social dystancing, physical dystancing dan lain sebagainya. Jika sakit jangan takut berobat karena semakin cepat dan semakin ringan gejala yang muncul dan ditangani maka persentasi kesembuhan juga semakin tinggi. Demikian juga dengan pasien-pasien penderita penyakit lain jangan takut untuk berobat ke rumah sakit karena penempatan pasien dan layanan telah diatur sedemikian rupa sehingga mencegah terjadi infeksi silang. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, jaga kesehatan fisik dan mental. Bersama kita bisa melawan Pandemi virus corona covid-19 ini.

Q : Harapan-harapan dalam kesiapsediaaan menangani pasien Covid-19?

RS Stella Maris selalu siap sedia memberikan layanan yang terbaik dengan tetap memperhatikan aspek layanan secara holistik, tanpa membedakan (martabat manusia) dalam semangat kasih. RS Stella Maris juga selalu tanggap, kreatif dan berinovasi serta berintegritas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat termasuk dalam masa Pandemi virus corona covid-19 yang merupakan bencana kesehatan dan kemanusiaan bukan hanya nasional tetapi internasional. RS Stella Maris juga mengucapkan banyak terima kasih untuk semua dukungan baik moril maupun materiil yang telah diberikan dan disumbangkan ke RS kami. Kiranya Tuhan akan membalas dengan segala kelimpahan anugerah dan kasihnya kepada seluruh donatur dan pemberi dukungan kepada RS Stella Maris. Tuhan memberkati dan menjaga kita dalam melewati masa Pandemi ini. Amin.

Demikian tanggapan langsung dari dr. Ronny Effendy selaku Ketua Tim Penanganan Covid-19 RS Stella Maris. Besar harapan kita semua agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, oleh karena itu diharapkan kerjasama dari semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah demi kesehatan kita bersama.
Tuhan memberkati kita semua.Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *